Minggu, 13 April 2014

Cloud Computing

Hello blogger dimanapun anda berada, kali ini saya akan membahas tentang Cloud Computing. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan Cloud Computing itu?? Dibawah ini saya akan membahas apa itu Cloud Computing.

Cloud computing atau komputasi awan dalam istilah Bahasa indonesia. Cloud computing ditujukan untuk dapat mengakses data dengan mudah dari mana saja selama Anda terhubung dengan internet. Pada prinsipnya Cloud computing adalah kata lain dari Internet. Namun, ini sedikit berbeda dengan kondisi penggunaan internet saat ini. Orang menyimpan file di internet, berhubungan menggunakan aplikasi chating dengan sesama teman , bertukar data, dll.


  • Sejarah Cloud Computing 

Konsep awal Cloud Computing muncul pertama kali pada tahun 1960 oleh John McCarthy yang berkata “komputasi suatu hari nanti akan menjadi sebuah utilitas umum” ide dari cloud computing sendiri bermula dari kebutuhan untuk membagikan data untuk semua orang di seluruh dunia. Mohamed J.C.R Licklider, pencetus ide ini, menginginkan semua orang untuk dapat mengakses apa saja di mana saja. Dengan munculnya grid computing, cloud computing melalui internet menjadi realitas.

Contoh kasus, saat kita embeli komputer anda harus menginstal office, intall adobe, dll. Dalam arti Cloud Computing semua aplikasi yang selama ini diinstall di PC atau laptop dapat diakses dari secara online. Anda tidak perlu menginstal MS Word atau menginstal Adobe Reader, flash dll. semua sudah tersedia di Awan, komputer anda hanya membutuhkan spesifikasi tertentu untuk dapat mengakses semuanya. Upgrade yang cepat, Sehingga hemat waktu dalam maintainace software.

Namun, menjadi pertanyaan adalah bagaimana dari segi keamanan? Pertanyaan lain adalah bagaimana dengan minimal perangkat keras yang dibutuhkan? bagaimana dengan lokasi server? tetapi menurut  pakar bahwa "teknologi cloud akan banyak yang menggunakan setidaknya dalam 5 tahun kedepan" kata John Willis

Sumber :http://id.wikipedia.org/wiki/Cloud_computing

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting
World Of Warcraft, WoW Short Sword