Senin, 21 Februari 2011

Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan

Jejaring Sosial

Perkembangan zaman sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi. Di zaman Globalisasi seperti ini, wajar jika banyak sekali pengaruh dari negara barat yang bisa kita temui di negara kita ini. Contohnya dari trend berpakaian, gaya rambut hingga pergaulan. Namun semua itu tidak jauh dari pengaruh informasi seperti televisi, radio, bahkan internet. Dari fasilitas itu semua pengaruh globalisasi sangatlah terlihat. Semua orang sudah bergantung pada internet pada zaman ini. Sekarang internet sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Jika tidak ada internet, mungkin akan matilah kehidupan di dunia ini.Untuk menggunakan internet sudah sangat mudah didapat. Sedikit anda berjalan-jalan disekitar lingkungan rumah anda pasti akan bisa menemukan warnet atau penjual jasa-jasa internet dengan harga yang terjangkau. Ini bisa di artikan bahwa internet memang telah menjadi kebutuhan bagi setiap masyarakat kita.

Namun, ada saja ulah masyarakat yang mengambil kesempatan yang tidak baik. Seperti contoh, dengan adanya internet makin banyak peluang untuk mendownload situs yang tidak mendidik. Walaupun pemerintah sudah memblokir situs-situs tersebut, ya ada saja yang dapat tetap menikmati situs tersebut dengan segala cara. Tidak hanya itu, dari internet kita dapat dengan mudah berhubungan jarak jauh dengan saudara, teman, bahkan siapa saja yang dari pertama belum saling kenal menjadi kenal. Fasilitas tersebut bernama jejaring sosial atau yang paling banyak diminati masyarakat kita yakni Facebook. Hal ini sangat memudahkan masyarakat kita yang mempunyai saudara jauh atau pun teman jarak jauh yang hanya dengan menggunakan internet dapat melepas rasa rindu. Dengan perkembangannya zaman hal ini sangatlah membantu. Namun ada saja kesempatan bagi orang yang tidak ingin menyia-nyiakan hal ini. Dengan modus hipnotis, banyak anak remaja smp yang kabur ataupun terhipnotis atas ajakan si pelaku setelah bermain facebook. Ini sangatlah memprihatinkan buat para orang tua. Pihak kepolisian telah banyak menemukan kasus ini semenjak kaum remaja menggandrungi situs jejaring seperti ini.

Mungkin dalam hal ini, pandapat saya dalam mencari solusinya adalah apa yang menyebabkan si anak itu menjadi kecanduan pada situs ini. Dan mengapa mereka menjadi sangat kecanduan pada jejaring sosial ini. Hal ini sangat berhubungan dengan para orang tuanya juga. Seharusnya yang dilakukan para orang tua adalah mengawasi anaknya pada kegiatan apapun itu. Caranya juga harus di sesuaikan dengan si anak. Apabila dia masih berumur 7-9 tahun mungkin masih dalam pengawasan yang nyat, yaitu dampingi si anak dalam kegiatan apapun itu. Namun jika si anak sudah berusia lebih dari itu, jangan samakan perlakuannya dengan umur 7-9, cukup hanya tanyakan ketika ia pulang sekolah apa saja kegiatan yang dilakukan oleh si anak. Dan juga para orang tua harus mempunyai rasa respect atau peka. Ini membuat si anak nyaman dan bisa dihargai apapun kegiatannya yang dilakukannya. Dan otomatis si anak akan semakin dekat dengan anda, intensitas dalam membuka jejaring sosial dapat berkurang. Karena sepengetahuan saya, anak yang mempunyai intensitas yang lama dengan satu arah, akan membuat jiwa atau psikologis anak menjadi pendiam, kurang bergaul, dan bersosialisasi. Ini mempengaruhi kedekatan nya terhadap orang tua.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Hosting
World Of Warcraft, WoW Short Sword